Karakteristik Negara Timor Leste


Karakteristik Negara Timor Leste

1 ) Identitas Negara

Hasil gambar untuk lambang negara timor leste                                  
                 Image By Ilmupenegtahuanumum.com                                                                                                    

Nama
Timor Leste
Nama resmi
Repúblika Demokrátika Timór-Leste (Tetun)
República Democrática de Timor-Leste (Portugis)
Ibu kota
Dili
Semboyan
Unidade, Acção e Progresso
Portugis: "Persatuan, Tindakan, dan Kemajuan"
Lagu kebangsaan
Pátria
Bentuk Pemerintahan
Republik
Sistem Pemerintahan
Republik semi-presidensial
Kemerdekaan
Didirikan: 1702
Diumumkan: 28 November 1975
Dipulihkan: 20 Mei 2002
Kepala Negara
Presiden
Kepala Pemerintahan
Perdana Menteri
Badan Legislatif
Parlamento Nacional
Bahasa Nasional
Tetun dan Portugis
Agama
Katolik
Protestan
Islam
Buddha
Hindu
Aliran kepercayaan
Mata Uang
Dolar Amerika Serikat ($) (USD)
Zona Waktu
Waktu Timor Leste (TLT) (UTC+9)
Kode Telepon
+670
Domain
.tl



Republik Demokratik Timor Leste (juga disebut Timor Lorosa'e) adalah sebuah negara di sebelah utara Australia dan bagian timur pulau Timor. Timor Leste dulunya adalah bagian dari Indonesia
dengan nama provinsi Timor Timur.

Selain itu wilayah negara ini juga meliputi pulau Kambing atau Atauro, Jaco, dan enklave Oecussi-Ambeno di Timor Barat.

2) Keadaan Alam
Sebagian besar wilayah Timor Leste berupa pegunungan. Daerah pegunungan terutama terdapat di tempat utara. Puncak tertinggi dari rangkaian pegunungan di Timor Leste yaitu di potongan pedalaman. Daerah sebelah selatan berupa delta sungai dan rawa. Timor Leste juga mempunyai tempat perbukitan. Daerah ini ditumbuhi semak dan pohon ekaliptus. Timor Leste beriklim tropis. Bagian sebelah selatan mempunyai curah hujan yang lebih tinggi daripada tempat lain. Namun demikian, tempat selatan mempunyai animo kemarau yang lebih panjang daripada tempat lain.
      a)      Letak dan Batas
Secara astronomis, suatu wilayah bisa dilihat dari posisinya pada garis bujur dan garis lintang. Letak negara berdasarkan kedua garis ini nantinya bisa menimbulkan terjadinya perbedaan waktu dan kondisi iklim di suatu negara tersebut. Sebut saja contohnya di Indonesia yang terletak pada dua garis bujur membuat Indonesia memiliki wilayah waktu yang bervariasi. Hal ini jugalah yang berlaku pada Timor Leste. Secara astronomis, Timor Leste atau Timor Timur berada pada posisi sebagai berikut:
  • Berdasarkan garis lintang, Timor Leste berada pada 8° LS – 10° LS
  • Sedangkan berdasarkan garis bujurnya, Timor Leste berada pada 124° Bt -127° 30’ BT
Selain dilihat berdasarkan garis yang membagi bumi menjadi bagian utara dan selatan serta timur dan barat atau dikenal dengan letak astronomis, suatu negara juga bisa dilihat berdasarkan kenampakan nyatanya di bumi. Kenampakan nyata suatu negara di bumi inilah yang dikenal dengan letak geografis. Jika dilihat dari geografis atau berdasarkan letak geografisnya, negara Timor Leste dibatasi oleh beberapa fitur geografis dan berbatasan langsung dengan negara lain seperti yang dijelaskan di bawah ini.
  • Utara: berbatasan langsung dengan Selat Banda, Pulau Wetar, dan Pulau Alor di Indonesia
  • Selatan: Berbatasan dengan negara Australia dan Selat Timor
  • Barat: berbatasan dengan Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur
  • Timur: berbatasan dengan Kepulauan Leti
     b)     Iklim

Sebagian besar wilayah negara ini mengalami iklim tropis dengan curah hujan yang kecil. Akibatnya, di wilayah Timor Leste juga banyak dijumpai sabana sebab daerahnya relatif kering.

     c)      Bentang Alam

Wilayah negara Timor Leste terdiri atas dua wilayah yang terpisah. Sebagian wilayahnya ada yang terdapat di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Alam Timor Leste sebagian besar tidak subur, dan miskin sumber daya alam. Sumber daya alam yang dimiliki hanyalah tambang minyak bumi di Selat Timor. Tambang ini belum dieksploitasi karena menjadi sengketa dengan Australia. Gunung tertinggi di Timor Leste adalah Gunung Ramelau. Negara Timor Leste dulunya merupakan sebuah provinsi di wilayah negara Indonesia. Pada tahun 1999, sebagian besar rakyat Timor-Timur menghendaki berpisah dari negara Indonesia.

      d)     Keadaan Perairan

Laut Timor (Bahasa Portugis : Mar de Timor) adalah perpanjangan Samudera Hindiayang terletak antara pulauTimor, kini terbagi antaraIndonesiadanTimor Leste, danTeritorial UtaraAustralia. Di timur berbatasan denganLaut Arafura, secara teknis perpanjanganSamudera Pasifik. Laut Timor memiliki 2 teluk kecil di pesisir Astralia utara,Teluk Joseph Bonaparte dan Teluk van Diemen. Kota Australia Darwin ialah satu-satunya kota besar yang terletak di tepi laut Timor.Laut ini memiliki luas 480 km (300 mil), meliputi darah sekitar 610.000 km persegi (235.000 mil persegi). Titik terdalamnya ialah Palung Timor diutara , yang mencapai kedalaman 3.300 m (10.800 kaki). Bagian lainnya lebih dangkal, dengan rata-rata kedalaman yang kurang dari 200 m (650 kaki). Merupakan tempat utama untuk badai tropis dantopan.Sejumlah pulau terletak di laut ini, termasukPulau Melvilledi lepas pantai Australia danKepulauan Ashmore dan Cartieryang diperintah Australia. Diperkirakan penduduk asliAustralia mencapai Australia dengan "loncatan pulau" menyeberangi Laut Timor.Di dasar Laut Timor terdapat cadanganminyakdangasdalam jumlah besar. Australia danTimor Timurtelah mengalami pertentangan panjang atas hak eksploitasi have di daerah yang dikenal sebagaiCelah Timor. Klaim wilayah Australia meluas ke sumbu batimetrik (garis kedalaman punggung laut terbesar) di Palung Timor. Ini melengkapi klaim teritorial Timor Timur, yang mengikuti bekas koloninyaPortugaldalam mengklaim bahwa garis yang membagi itu harus di tengah-tengah kedua negara.

3) Penduduk
Pada tahun 2005 penduduk Timor Leste diperkirakan berjumlah 1.040.880 jiwa.

Penduduk Timor Leste merupakan campuran antara suku bangsa Melayu dan Afrika, sebagian kecil keturunan Portugis.

Mayoritas penduduk Timor Leste beragama Katolik (93%), diikuti Protestan (3%), Islam (1%), dan sisanya Buddha, Hindu (1%, masing-masing 0,5%), dan aliran kepercayaan (2%).

Karena mayoritas penduduk beragama Katolik, maka kini terdapat tiga keuskupan (diosis) yaitu: Diosis Dili, Diosis Baucau dan Diosis Maliana yang baru didirikan pada tanggal 30 Januari 2010 oleh Paus Benediktus XVI.
4) Perekonomian
International Monetary Fund (IMF) menyebutkan ketidakpastian politik yang ada di Timor Leste memberikan risiko penurunan pertumbuhan beberapa sektor perekonomian.
Niklas Westelius, kepala tim dari IMF untuk Timor Leste, mengatakan ketidakpastian politik yang memengaruhi kegiatan ekonomi Timor Leste pada 2017 dan hampir sepanjang 2018, diharapkan tidak dirasakan tahun ini.
The Fund memperkirakan momentum pertumbuhan dapat terjadi pada 2019, terutama yang ditopang dari kinerja nonmigas yang akan pulih sekitar 5%. Selain itu, inflasi yang naik pada tahun lalu, diperkirakan akan kembali sekitar 3% pada akhir 2019.
Tahun ini, pengeluaran fiskal masih terus bergantung pada penarikan dana dari sektor perminyakan, karena sumber pendapatan domestik rendah.
"Dalam jangka menengah, kemajuan yang kurang signifikan untuk mendorong diversifikasi ekonomi dan menciptakan lapangan kerja dari sektor swasta dapat memperburuk realisasi belanja publik," tuturnya, dalam Artikel IV Misi Konsultasi Timor Leste, seperti dikutip dalam situs resmi The Fund, Sabtu (26/1/2019).
Niklas menganggap dengan melihat potensi pendapatan minyak dari  lapangan aktif yang akan berakhir pada 2022, penarikan Petroleum Fund dapat menimbulkan risiko terhadap keberlanjutan fiskal jangka panjang.
Melihat tantangan yang ada, IMF menyarankan Timor Leste menghadirkan strategi fiskal untuk memastikan kesinambungan fiskal jangka panjang dan melindungi aset dari Petroleum Fund. Strateginya diarahkan untuk lebih fokus dalam penguatan kontrol dan efisiensi belanja, serta memobilisasi pendapatan domestik dengan meningkatkan kepatuhan pajak dan menerapkan PPN serta memanfaatkan dana pinjaman yang efektif.
"Kami mendorong pertumbuhan sektor swasta dan peluang kerja untuk angkatan kerja yang tumbuh cepat menjadi sebuah prioritas. Untuk itu, penting meningkatkan akses pendidikan dan perawatan kesehatan," tambahnya.
5) Sumber Daya Alam
Sumber daya alam unggulan di Timor Leste yang dapat dieksploitasi meliputi sumber daya bahan bakar seperti minyak bumi dan gas alam. Selain itu emas, mangan, serta marmer merupakan sumber daya mineral yang juga dapat ditemukan di bumi "Lorosae" ini. Timor leste ini merupakan sebuah negara kecil yang berada di daratan Asia Tenggara. Namun walaupun begitu, Timor Leste juga memiliki sumber daya alam tambang minyak bumi yang meliputi emas, perak dan marmer serta kekayaan yang melimpah dari hasil pertanian seperti kopi, jagung, dan kentang.
Timor Leste juga mempunyai potensi minyak bumi di Celah Timor. Namun sayangnya eksplorasi belum dapat dilakukan secara mandiri dan masih dilakukan bersama dengan Australia yang kemudian dilakukan pembagian hasil dikarenakan masih terbatasnya sarana dan prasarana yang ada.
6) Kerja Sama
Waktu masih dalam negara Republik Indonesia, Timor Leste banyak terlibat dalam berbagai organisasi baik di kawasan atau di dunia. begitu juga setelah menjadi negara sendiri, Timor Leste berusaha untuk terlibat atau setidaknya menjadi observer dalam berbagai organisasi yang ada sebagai salah satu politik luar negerinya dan untuk memenuhi kepentingan nasionalnya, awal dari keterlibatan Timor Leste dengan organisasi internasional mungkin kita bisa lihat dari proses Timor Leste untuk memisahkan diri dari Indonesia. Staf PBB mulai mendarat di Timor-Leste pada akhir bulan Mei 1999, untuk membentuk Misi Perserikatan Bangsa di Timor-Leste (UNAMET). Dengan tujuan untuk membantu penyelenggaraan referendum.
Dan pada tanggal 25 Oktober Dewan Keamanan PBB membentuk Pemerintahan Transisi PBB atau UNTAET (United Nations Transitional Administration for East Timor), yang dipimpin oleh Sérgio Vieira de Mello yang tugas menangani krisis kemanusiaan dan membangun kembali negara Timor-Leste yang tercabik-cabik, setelah berhasil menjadi negara merdeka, timor Leste menjadi anggota PBB. Untuk memperlihatkan eksistensinya sebagai sebuah negara, Timor Leste menggalang kerjasama dengan organisasi internasional lainnya seperti ASEAN (Association of Southeast Asian Nations), walaupun Timor Leste adalah negara satu-satunya di Asia Tenggara yang belum menjadi anggota ASEAN, dan masih mempunyai status sebagai observer, tetapi Timor Leste berusaha ikut andil dalam berbagai program yang dilakukan oleh ASEAN. Dan merupakan anggota potensial dalam East Asia Summit.
Timor Leste juga ikut terlibat dalam organisasi-organisasi seperti IBRD, IMF, UN, Asian Development Bank, Non-Aligned Movement, CPLP. ACP, ADB, ARF, CPLP, FAO, G-77, IBRD, ICAO, ICCt, IDA, IFAD, IFC, IFRCS, ILO, IMF, IMO, Interpol, IOC, MIGA, NAM, OPCW, PIF (observer), UN, UNCTAD, UNESCO, UNIDO, Union Latina, UNWTO, UPU, WCO, dan WHO. Timor Leste juga mempunyai status sebagai oberver dalam Pacific Islands Forum, tetapi belum memperoleh keanggotaan dalam organisasi tersebut.




Info Klise Saya hanyalah seorang blogger biasa yang jauh dari kata sempurna dan disini saya ingin berbagi pengalaman pribadi kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus dibagikan kepada orang lain, agar bisa dijadikan sbuah pembelajaran dan termotivasi.

0 Response to "Karakteristik Negara Timor Leste"

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...