Krakteristik Negara Vietnam Yang Harus Kalian Tau


1 1 .      Identitas Negara Vietnam
Hasil gambar untuk VIETNAM bendera
 Nama Resmi                : Cong Hoa Xa Hoi Chu Nghia Viet Nam
Pemerintahan              Republik Komunis
Kepala Negara             : Ketua Dewan                       
Kepala Pemerintahan  Perdana Mentri
Bahasa Utama             : Vietnam (Resmi). Selain Digunakan Bahasa Prancis, Cina,
  Inggris,Khmer.
Agama Utama             : Buddha (buddha), kong hu chu, kristen, dan islam.
Rakyat                         : Disebut Bangsa Vietnam.
Penduduk th. 2015      : 91,7 juta jiwa
Mata Uang                  : Dong. Uang kertas Vietnam terdiri dari satuan 200 Dong, 500 Dong,
  1.000, Dong 2.000 Dong, 5.000 Dong,10.000 Dong.
Hari kemerdekaan       : 2 Juli 1976
Lagu Kebangsaan       : Tien Quan Ca


2  2.      Keadaan Alam
a). Letak Dan Batas Negara
 Di sebelah barat, Vietnam berbatasan dengan teluk Siam, Laos, dan Kamboja. Disebelah utara berbatasan dengan Tiongkok serta disebelah timur dan selatan berbatasan dengan laut cina selatan. Secara astronomis, Vietnam terletak antara 23oLU - 9oLU DAN 105o BT – 109o BT. Luas wilayahnya adalah 513.120 Km2.
b). Iklim
Vietnam memiliki dua daerah iklim yang berbeda. Daerah bagian utara beriklim sedang dan didaerah bagian selatan iklimnya tropis atau panas. Di  daerah yang beriklim sedang, dikenal dua musim yang berbeda, yaitu hujan dari bulan November sampai April, dan musim panas dari bulan Mei sampai Oktober.
c). Bentang Alam
Vietnam merupakan salah satu negara yang berada dikawasan Asia Tenggara yang menempati wilayah seluas ± 325.000 Km2. Vietnam mempunyai dua zona iklim yakni iklim sedang di utara dan iklim tropis dibagian selatan.
Secara geografis, Vietnam terdiri dari lima wilayah :
·         Daerah pegunungan utara mencapai ketinggian ± 3000 meter.
·         Delta sungai Merah (dimana Hanoi terletak.
·         Barisan pegunungan Annam, yang berhubungan dengan Vietnam Utara dan Vietnam Selatan.
·         Garis pesisir pantai yang sempit antara barisan pegunungan Annamitw dan laut Cina Selatan.
·         Delta Sungai Mekong di sebelah Selatan Vietnam.


3Penduduk
Penduduk Vietnam berjumlah sekitar 91,7 juta jiawa pada tahun 2015 dengan pertumbuhan 0%.vietnam merupakan negara berpenduduk nomor 2 terbesar di Asia Tenggara setelah Indonesia. Secara etnis Vietnam mendajdi negara yang homogen di Asia Tenggara. ±90% penduduknya orang Vietnam. Vietnam termasuk etnis minoritas asli. Wilayah tempat tinggal mereka adalah barisan pegunungan Vietnam. Kelompok yang terbesar adalah rumpun Thai dan Hmong.
4   4.    Perekonomian
Produk domestik bruto (PDB) Vietnam memncapai titik tertinggi pada tahun 2014. Yakni US $186.20 miliar ( World bank dari Trading Economics 2015 ). Pertumbuhan ekonomi Vietnam sejak tahun 2015 tumbuh 6,28%. Tahun 2014 vietnam adalah eksportir terbesar ke amerika serikat se-Asean. Sementara itu investasi asing didalam negeri mengalami peningkatan setiap tahunnya hingga sekarang.
Vietnam terus berusaha untuk memandu jalannya Pembangunan Ekonomi melalui Doi Moi yang menjamin perkembangan yang sehat dari perekonomian  dan pembangunan daerah yang seimbang. Ditahun 1990-an hampir semua rumah tangga di perdesaan (91,8%) punya tanah. Kenaikan upah minimum di vietnam mencapai 21% namun masih tergolong kecil yakni hanya ±13 US$ atau ±Rp 700 ribu perbulan.
5 5. Sumber Daya Alam
Vietnam terkenal dengan irigasi yang baik. Oleh sebab itu, bidang pertanian masih m,enjadi salah satu bidang yang memberikan kontribusi cukup besar bagi rakyatnya. Hasil pertaniannya utama yaitu buah-buahan, sayur-sayuran, ubi jalar, jagung, tebu, the, dan kopi. Pelabuhan laut yang terkenal di Vietnam berada di teluk Tonkin. Vietnam memiliki luas hutan ±13,2 Juta hektar yang diliputi oleh jati, kayu hitam dan kayu merah.
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui berupa barang-barang tambang sebagai berikut :
·         Antrasit banyak ditemukan di Quang Yen, sebelah utara Hanoi
·         Batu bara ditemukan didaerah Nongson sebalah utara Danang.
·         Bijih besi ditambang dan diolah di Thai Nguyen, than Hoa, Vinh, dan Hatinh.
·         Barang-barang tambang ;ain seperti Fosfat di Cao Cai, timah di tinh Tue, Grafit di Liao Kav dan emas doi Bong Mieu.
·         Hasil pertanian padi, karet jagung, tebu, tepung tapioka, the, kopi, tembakau, buah-buahan, dan sayuran (Holtikultura).
6 6. Kerja Sama
Vietnam merupakan salah satu negara anggota Asean yang pernah menjadi tuan rumah KTT Asean yang ke-6. Kerja sama bilateral antara Indonesia dan vietnam sudah terjalin sejak Vietnam masih mengalami perang saudara dengan pengiriman pasukan garuda  dibawah bendera PBB.
Saat ini vietnam menjadi anggota beberapa organisasi internasional, seperti ASEM, FAO, IBRD, IFC, IMF, MIGA, UNDP, UNCTAD. GSPT, UNIDO, ILO, UNESCO, WHO, dan APEC.


.





Info Klise Saya hanyalah seorang blogger biasa yang jauh dari kata sempurna dan disini saya ingin berbagi pengalaman pribadi kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus dibagikan kepada orang lain, agar bisa dijadikan sbuah pembelajaran dan termotivasi.

0 Response to "Krakteristik Negara Vietnam Yang Harus Kalian Tau"

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...